MENJELANG PERINGATAN HARI BAKTI TRANSMIGRASI KE-67

Jumat, 05 Januari 2018

Secara historis, tepat pada tanggal 12 Desember 1950 program transmigrasi dilaksanakan dengan dasar demografis, yaitu untuk mengurangi kemiskinan dan kepadatan penduduk di Pulau Jawa. Kala itu, 25 Kepala Keluarga (KK), atau total 98 jiwa diberangkatkan dari Jawa Tengah menuju Lampung (23 KK) dan Lubuk Linggau (2KK).

Selain itu juga terdapat sebuah peristiwa yang terus dikenang sepanjang peringatan Hari Bhakti Trasnmigrasi. Enam puluh tujuh pionir transmigran asal Boyolali, Jawa Tengah, yang hendak menuju Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) Rumbiya, Sumatera Selatan, meninggal dunia karena terlibat kecelakaan pada 11 Maret 1974.

Bus yang mereka tumpangi tergelincir, kemudian masuk dan terbakar di Kali Sewo di Desa Sukra, Indramayu, Jawa Barat. Tiga orang selamat dalam kecelakaan itu. Untuk mengenang peristiwa tersebut, dibangunlah Makam Pionir Pembangunan Transmigrasi di Desa Sukra, Indramayu.

Peristiwa sejarah tersebut melatarbelakangi diperingatinya Hari Bhakti Transmigrasi tiap tanggal 12 Desember. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) rutin menyelenggarakan berbagai kegiatan guna memeriahkan peringatan tersebut.

Pada peringatan Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) tahun lalu diadakan berbagai kegiatan seperti ziarah ke Makam Pionir Pembangunan Transmigrasi di Desa Sukra, Indramayu, Jawa Barat. Kemudian, upacara peringatan digelar serentak di Kemendesa PDTT dan di setiap dinas yang membidangi ketransmigrasian.

Seperti yang dilakukan di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Peringatan HBT tahun 2016 lalu dimeriahkan dengan hiburan kesenian wayang kulit semalam suntuk. Bupati juga menyerahkan sertifikat lahan transmigrasi secara simbolis. Selain itu sebanyak 52 nasi tumpeng juga ditampilkan pada malam puncaknya.

 

Kemeriahan peringatan tersebut mewakili rasa syukur atas keberhasilan program transmigrasi tiap tahunnya, dan kini mari sambut Hari Bhakti Transmigrasi ke-67 untuk membangun Indonesia dari pinggiran #TransmigrasiBangunNegeri.