Pemuda – Pemudi Anti Hoax : “Lawan Hoax Dengan Cerdas”

Kamis, 15 Maret 2018

Jakarta – Manusia adalah makhluk yang hidup secara sosial dengan keluarga, saudara, teman dan lingkungan sekitar. Setiap interaksi sosial dalam sesuatu pertukaran informasi kadang membuat seseorang mendapatkan informasi yang beragam. Sosial media belakang ini semakin berkembang dengan sangat pesat, bisa dikatakan segala sesuatu yang kita butuhkan dapat kita dapatkan dengan hanya “duduk”, apa yang kita butuhkan, apa yang kita ingin ketahui, apa yang sedang terjadi, dapat kita ketahui melalui gawai yang kita miliki.

S

ebagai pemuda calon penerus bangsa, kaum millennial sangat-sangat haus akan kebutuhan informasi dan komunikasi. Mulai dari pemberitaan pejabat negara, artis ibukota, maupun individual biasa yang tiba-tiba bisa menjadi viral dengan cara yang tidak biasa. Pun juga dengan topik atau pembahasan yang sedang hangat-hangat untuk dibahas, mulai dari berita konflik antar negara yang tidak ada habisnya, berita individual yang mendapatkan berbagai macam penghargaan, maupun berita keindahan alam yang belum tereksplorasi sebelumnya.

    

Dengan begitu banyak informasi atau berita yang diterima oleh kita, baik itu secara langsung atau tidak langsung, belakang ini di Indonesia banyak diterpa kasus berita hoax atau tidak benar asal usul sumber dan kebenaran beritanya. Sebagai individu yang “Zaman Now” kita harus menyaring berita-berita yang kita dapat atau kita dengar. Ada beberapa individu/kelompok yang membuat dan menyebarkan berita hoax dengan tujuan menggerakkan masyarakat dengan membentuk opini yang tidak benar untuk menjebak kedalam konflik. Sudah banyak berita hoax yang ada di Indonesia, mulai dari berita hoax tentang kematian public figure, berita hoax tentang kejadian yang sebenernya tidak ada, dan yang paling parah berita hoax yang mengandung konflik antar agama.

Bagaimana cara kita untuk mencegah berita hoax? Berita hoax tidak dapat kita hilangkan, salah satu cara ya harus kembali ke pribadi kita masing-masing. Tentunya ada poin penting yang kita dapatkan, selain mencegah berita hoax makin tersebar, yang paling penting kita harus sadar dahulu kalo ternyata berita itu tidak benar. Poin pertama yang dapat kita ketahui adalah :

  • ·         Hati-hati dengan judul yang cenderung negatif·      
  •             Pahami alamat situs berita
  • ·         Periksa fakta
  • ·         Cari lebih dalam keaslian informasi tersebut

Dengan poin yang ada diatas, setidaknya bisa membuat kita lebih mawas dalam menerima berita hoax. Perlu kita ketahui apabila kita tidak berhati-hati dalam penerimaan berita hoax, maka kita secara tidak langsung ikut membantu pembuat berita hoax untuk menyebarkan aksinya tersebut. Maka kita harus menjadi pribadi yang lebih pintar lagi dalam menanggapi hoax. (adb)

“Being Smart Person, Don’t Let Hoax Get Us”



ARTIKEL TERBARU

Wednesday, 31 January 2018
Jakarta – Merujuk pada Nota Dinas Nomor.35/DPKP2Trans.3/1/2018, Direktorat Perencanaan, Pembangunan, dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Direktorat Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi. Pada
Tuesday, 30 January 2018
Jakarta – Modernisasi pada zaman kekinian makin membuat semua terasa mudah, cepat, dan akurat, dengan perkembangan internet yang semakin maju dengan segala
Friday, 05 January 2018
Secara historis, tepat pada tanggal 12 Desember 1950 program transmigrasi dilaksanakan dengan dasar demografis, yaitu untuk mengurangi kemiskinan dan kepadatan penduduk di