Rapat Sinergitas Program Pembangunan Permukiman dan Penempatan Transmigrasi Melalui Sharing APBD 2019

Kamis, 03 Mei 2018

Jakarta - Direktorat Jenderal PKP2Trans pada tanggal 25 – 27 April 2018, telah melaksanakan Rapat Sinergitas Program Pembangunan Permukiman dan Penempatan Transmigrasi Melalui Sharing APBD 2019. Rapat dilangsungkan di Hotel Sunan Solo Jawa Tengah, dihadiri oleh para pejabat di lingkungan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Dinas yang membidangi Ketransmigrasian Daerah Asal dan Daerah Tujuan.

Dinas yang membidangi Ketransmigrasian Daerah Asal yang hadir meliputi Provinsi Jawa Tengah (sebagai penyelenggara), Jawa Timur, DI Yogyakarta, Daerah khusus Ibu Kota Jakarta, Banten, Lampung, Bali dan Provinsi Nusa Tenggara Barat serta beberapa Dinas bidang Transmigrasi Kabupaten yang sudah /atau akan mengirimkan transmigran; sedangkan dari Daerah Tujuan hadir beberapa Bupati dan/atau Dinas yang berkeinginan untuk membangun daerah melalui program transmigrasi, antara lain Provinsi Aceh, Sumbar,  Sumsel, Kalteng, Kaltara, Sulteng, Gorontalo dan Sulawesi Barat disertai kabupaten yang mempunyai program pembangunan melalui transmigrasi seperti Kabupten Simelueu, Sijunjung, Pali, Lamandau, Bulungan, Tojo Una-Una, Poso, Pahuwato, dan Mamuju Tengah.

Pada kesempatan ini Sekretaris Jenderal Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberikan arahan sekaligus membuka pelaksanaan rapat. Tidak terlupakan Plt Direktur Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi, Hari Pramudiono, SH MM memberikan arahan tentang Kebijakan Program Pembangunan Permukiman dan Penempatan Transmigrasi dalam Upaya Memenuhi Sasaran Target RPJMN 2015 -2019 program PKP2Trans.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan paparan dari 2 Narasumber yakni Staf Ahli Menteri bidang Pengembangan Ekonomi Lokal, dan Kepala Biro Perencanan Kementerian Desa PDTT dengan materi masing-masing Peranan Penataan Persebaran Penduduk Pada Pengembangan Ekonomi Lokal di Kawasan Transmigrasi dan Kontribusi APBD Mendukung Target Sasaran RPJMN 2015-2019 Program PKP2Trans.

Agenda hari ke II adalah paparan dari Daerah Asal dan Daerah Tujuan. Paparan dari daerah asal adalah penyampaian pengalaman dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi terhadap sharing dana APBD dalam rangka mendukung pelaksanaan program transmigrasi, serta kendala yang dihadapi para transmigran yang sudah ditempatkan.  Sedangkan paparan Daerah Tujuan adalah penyampaian informasi terkait potensi kawasan dan lokasi transmigrasi yang akan dibangun pada masa yang akan datang.  

Hasil rumusan dan paparan narasumber  Rapat Sinergitas Program Pembangunan Permukiman dan Penempatan Transmigrasi Melalui Sharing APBD 2019 dapat diunduh di laman www.ditjenpkp2trans.kemendesa.go.id.