Pelatihan Calon Transmigran Berbasis Kompetensi Angkatan 1 di Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta

Rabu, 08 Agustus 2018

Jakarta - Balai Pelatihan Masyarakat Yogyakarta pada tanggal 30 Juli s.d 5 Agustus, melaksanakan Pelatihan Calon Transmigran Berbasis Kompetensi di Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta. Sebanyak 27 KK Calon Transmigran asal Provinsi DIY yang mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan 1 nantinya akan ditempatkan dilokasi transmigrasi Tanjung Buka SP6 Kawasan Transmigrasi Salim Batu (Food Estate) yang merupakan Dana Sharing APBD Provinsi DIY. Pada acara Pelatihan Berbasis Kompetensi ini dihadiri oleh Bapak Anwar Sanusi (Sekretaris Jenderal, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi), Ibu Erlin Chaerlinatun (Kepala Balai Besar Latihan Masyarakat DIY), DIrektur Penataan Persebaran Penduduk yang diwakili oleh Kasubdit Penyiapan Calon Transmigran dan Penduduk Setempat, Pejabat dari Dinas Nakertrans Kab. Sleman, Dinas Nakertrans Kab. Bantul, Dinas Nakertrans Kota DIY dan tentunya para peserta pelatihan calon transmigran.

Pelatihan ini meliputi tentang Bagaimana menjadi transmigran dengan penuh pemahaman akan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, pengolahan lahan, pengendalian hama terpadu dan budidaya bercocok tanam dan berternak.

Pada kegiatan pelatihan ini ada dua calon transmigran yang mendapatkan predikat sebagai peserta terbaik dan peserta termuda, atas pencapaian tersebut maka peserta tersebut
mendapatkan penghargaan berupa plakat yang diserahkan oleh Bapak Anwar Sanusi (Sekretaris Jenderal, Kementerian Desa, PDT danTransmigrasi)

                                                                                                                (Peserta Catrans Angkatan 1 BBLM DIY)


Pelatihan yang berlangsung selama enam hari ini pada setiap sesinya diisi dengan macam-macam kegiatan untuk berpedoman agar kelak nanti setiap catrans sudah siap secara pribadi, semoga pelaksanaan pelatihan ini dapat menjadikan suatu program yang dapat meningkatkan kualitas calon transmigran tersebut.