34 TRANSMIGRAN ASAL GUNUNG KIDUL IKUTI TRANSMIGRASI KE MOROWALI

Jumat, 05 Januari 2018

Gunung Kidul – Sebanyak 34 transmigran asal Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta diberangkatkan ke Morowali, Sulawesi Selatan dalam program transmigrasi 2017.

Seperti dikutip dari laman Antara News, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunung Kidul Tommy Harahap (3/12) mengatakan sudah memberangkatkan 34 transmigran sejak Rabu (29/11) lalu, dan saat ini sudah sampai di lokasi.

Tidak seperti tahun sebelumnya yang mengirimkan calon transmigran ke Sumatera, Kalimatan, hingga Sulawesi, program transmigrasi tahun ini hanya dilakukan satu titik saja, yaitu hanya di Morowali, Sulawesi Selatan. "Tahun ini kita fokuskan ke satu titik, agar lebih fokus," ujar Tommy.

Meski kuota transmigran tahun ini sudah penuh terisi, masih banyak warga Gunung Kidul yang ingin mengikuti program transmigrasi. Dalam penjelasannya, Tommy mengatakan warganya tidak perlu khawatir karena program transmigrasi terus dibuka setiap tahunnya. “Jadi kalau tidak berangkat sekarang, bisa tahun depan," jelasnya.

Tommy juga mengatakan pihaknya membuka kesempatan pada siapa pun yang akan mendaftar sebagai transmigran. Disnakertrans Gunung Kidul mendorong lebih banyak lagi masyarakat untuk dapat mengikuti program transmigrasi ke berbagai daerah.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat yang masih rendah di tempat asal, sehingga dapat menjadi lebih baik di tempat tujuan. "Transmigrasi salah satu tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Tommy. 

Sebelumnya, para calon transmigran yang akan diberangkatkan ke daerah tujuan terlebih dahulu diberikan pembekalan di Balai Besar Latihan Kerja (BBLK) Yogyakarta.

"Transmigran diberikan berbagai macam ketrampilan kerja, mulai dari pertanian, pertukangan, peternakan, home industry sehingga diharapkan di daerah tujuan dapat hidup mandiri," kata Tommy.

BERITA TERBARU

Wednesday, 19 September 2018
                                                                                                             (tribunpontianak.co.id/m wawan gunawan) Jakarta  - Sebagai anak kandung dari program transmigrasi yang dicanangkan oleh pemerintah sejak lama, anak-anak transmigran yang berhimpun di Perhimpunan
Wednesday, 19 September 2018
Jakarta  – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mendorong revitalisasi Kota Terpadu Mandiri (KTM) Pawonsari di Kabupaten Boalemo, Gorontalo, melalui
Wednesday, 19 September 2018
Jakarta- Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Anwar Sanusi mengatakan, penerapan program transmigrasi merupakan sebagai upaya pemerataan pembangunan dan kesejahteraan