34 TRANSMIGRAN ASAL GUNUNG KIDUL IKUTI TRANSMIGRASI KE MOROWALI

Jumat, 05 Januari 2018

Gunung Kidul – Sebanyak 34 transmigran asal Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta diberangkatkan ke Morowali, Sulawesi Selatan dalam program transmigrasi 2017.

Seperti dikutip dari laman Antara News, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunung Kidul Tommy Harahap (3/12) mengatakan sudah memberangkatkan 34 transmigran sejak Rabu (29/11) lalu, dan saat ini sudah sampai di lokasi.

Tidak seperti tahun sebelumnya yang mengirimkan calon transmigran ke Sumatera, Kalimatan, hingga Sulawesi, program transmigrasi tahun ini hanya dilakukan satu titik saja, yaitu hanya di Morowali, Sulawesi Selatan. "Tahun ini kita fokuskan ke satu titik, agar lebih fokus," ujar Tommy.

Meski kuota transmigran tahun ini sudah penuh terisi, masih banyak warga Gunung Kidul yang ingin mengikuti program transmigrasi. Dalam penjelasannya, Tommy mengatakan warganya tidak perlu khawatir karena program transmigrasi terus dibuka setiap tahunnya. “Jadi kalau tidak berangkat sekarang, bisa tahun depan," jelasnya.

Tommy juga mengatakan pihaknya membuka kesempatan pada siapa pun yang akan mendaftar sebagai transmigran. Disnakertrans Gunung Kidul mendorong lebih banyak lagi masyarakat untuk dapat mengikuti program transmigrasi ke berbagai daerah.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat yang masih rendah di tempat asal, sehingga dapat menjadi lebih baik di tempat tujuan. "Transmigrasi salah satu tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Tommy. 

Sebelumnya, para calon transmigran yang akan diberangkatkan ke daerah tujuan terlebih dahulu diberikan pembekalan di Balai Besar Latihan Kerja (BBLK) Yogyakarta.

"Transmigran diberikan berbagai macam ketrampilan kerja, mulai dari pertanian, pertukangan, peternakan, home industry sehingga diharapkan di daerah tujuan dapat hidup mandiri," kata Tommy.

BERITA TERBARU

Friday, 25 May 2018
Jakarta - Zaman now teknologi berkembang dengan pesat seiring dengan berubahnya berbagai kebutuhan yang tidak ada habisnya, bertepatan dengan ulang tahun Menteri Desa Pembangunan
Friday, 25 May 2018
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi  Jawa Tengah  pada tanggal 14 – 15 Mei 2018 telah menyelenggarakan rapat Evaluasi dan Pemantapan Program Perpindahan dan Penempatan
Friday, 06 April 2018
Sebanyak 10 provinsi dan 23 kabupaten sepakat berkomitmen dalam perencanaan kawasan transmigrasi. Dukungan ini dinyatakan dalam Berita Acara Temu Teknis Advokasi Kawasan Transmigrasi