Bimbingan Teknis Pelaporan Berbasis Online

Kamis, 09 Mei 2019


Jakarta – Perkembangan teknologi zaman kini sangat membantu setiap orang dalam melakukan aktivitasnya, membuat pekerjaan terasa lebih efisien dalam waktu, tenaga dan biaya. Terlebih dengan adanya internet kini pekerjaan terasa lebih mudah. Direktorat Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal RI pada kesempatan ini melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaporan Berbasis online pada tanggal 25-27 April 2019 bertempatan di Harper Hotel MT. Haryono, Jakarta. Bimtek ini bertujuan agar Satuan Kerja (satker) Daerah dapat melaporkan berbagai macam hasil pelaporan dalam Pengelolaan Dana Tugas Dekonsentrasi dan Dana Tugas Pembantuan Bidang PKP2Trans 2019.

Pada Bimtek ini diundang sebanyak 63 peserta Operator yang hadir terdiri dari 16 Operator dari pusat dan 47 Operator Daerah. Para peserta bimbingan teknis yang dihadirkan dipersyaratkan untuk membawa dokumen sebagai bahan inputan pada pelaporan berbasis online berupa :

1.      1. Progres Fisik dan Keuangan (Laporan POPK) posisi pertengahan bulan April 2019;

2.      2. Progres paket Pengadaan Barang dan Jasa;

3.      3. Permasalahanyang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan.

Hadir sebagai Narasumber pada acara ini adalah perwakilan dari Direktorat Jenderal Anggaran sebagai penanggung jawab SMART (aplikasi) dan perwakilan dari Bappenas sebagai penanggung jawab E-Monev (aplikasi) Bappenas.

Diharapkan melalui bimtek ini semua pelaporan berbasis online baik dari Satker Pusat dan Satker Daerah Triwulan I (bulan maret) dapat terisi dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pengisiannya dapat terselesaikan dengan hadirnya para narasumber.