PENYUSUNAN ARAH KEBIJAKAN KETRANSMIGRASIAN TAHUN 2020-2024

Selasa, 23 Juli 2019

(Yogyakarta, Humortala Setditjen PKP2Trans) - Dalam rangka penyusunan arah Kebijakan Ketransmigrasian Tahun 2020-2024, pada hari Jumat, 24 Mei 2019 Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bekerja sama dengan Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) 1 dengan tema "Pengembangan Ekonomi Kreatif/Digital untuk Percepatan Pengembangan Pembangunan Transmigrasi sebagai Wujud Restorasi Transmigrasi".
Prof. Dr. Suratman, M.Sc. mengatakan, "Indonesia memerlukan restorasi dan revolusi transmigrasi di era digital melalui konsep transpolitan sebagai model pembangunan inovatif percepatan Kawasan Transmigrasi untuk merespon revolusi industri 4.0 untuk mengatasi problem darurat kependudukan pulau jawa (bonus demografi) yang dapat berimbas pada bencana alam yang merugikan negara. Transpolitan mendesak untuk dikaji agar mampu mengatasi disparitas wilayah dan kemajuan ekonomi yang merata".
Bertempatan di Ruang Audiotorium Merapi Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada, hadir membuka acara tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Bapak Anwar Sanusi, Ph.D. Bertindak sebagai moderator, Dr. Agus Suwignyo, MA (UGM), dengan pemantik Prof. Dr. Suratman, M.Sc (Guru Besar Fakultas Geografi UGM), Dr. Rika Fatimah, M.Sc (UGM), dan Radityo Triatmojo (Head of Goverment Relation PT. Shopee International).
Pada kesempatan tersebut, hadir Staf Ahli Menteri Bidang Pengembangan Ekonomi Lokal, Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Sekretaris Ditjen PKP2Trans, Direktur Intitute for Developmen of Economics and Finance (INDEF), dan para undangan yang berasal dari Unit Eselon I Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Persatuan Wredatama Transmigrasi (PWI), dan Himpunan Masyarakat Peduli Transmigrasi (HMPTI). (HOT)