Sekjen : Transmigrasi Ciptakan Pemerataan dan Kesejahteraan

Rabu, 19 September 2018

Jakarta- Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Anwar Sanusi mengatakan, penerapan program transmigrasi merupakan sebagai upaya pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat hingga ke pedesaan. Sebab melalui transmigrasi maka perekonomian akan tumbuh hingga ke pedesaan, kata Sekjen saat membuka rapat regional penjaringan program Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Pemukiman Transmigrasi di Palembang beberapa waktu yang lalu, menurut dia, transmigrasi sudah menjadi bagian dari urusan desa dan daerah tertinggal yang menjadi satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan. Bahkan, lanjut dia, transmigrasi bagian dari pembangunan pedesaan yang saat ini terus dimaksimalkan. Sementara pendekatan yang digunakan dalam pembangunan transmigrasi melalui kemitraan yang salah satunya dengan pengembangan ekonomi desa.

Sehubungan dengan itu rapat regional ketransmigrasian ini amat penting terutama dalam memperoleh data calon lokasi pembangunan transmigrasi, ujar dia. Selain itu juga pembangunan ketransmigrasian berperan strategis pada pemerataan kesejahteraan. Rapat tersebut juga untuk menjaring usulan program 2019 sehingga sangat penting bagi pemerintah pusat dan daerah, kata dia.

Sementara Sekda Sumsel Nasrun Umar mengatakan, sektor transmigrasi di wilayah Sumsel menjadi proyek percontohan seperti di Kecamatan Belitang, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur dan Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas. Dia mengatakan, sampai dengan 2017 jumlah transmigrasi di Sumsel mencapai 235.378 Kepala Keluarga (KK) atau sama dengan 978.320 jiwa. Oleh karena itu melalui rapat regional penjaringan usulan program tersebut diharapkan dapat menyempurnakan sistem penyusunan pembangunan kawasan transmigrasi 2019.

"Pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan rumusan untuk menjadi pedoman prioritas program yang membanggakan kita semua," tambah dia.

BERITA TERBARU

Wednesday, 19 September 2018
                                                                                                             (tribunpontianak.co.id/m wawan gunawan) Jakarta  - Sebagai anak kandung dari program transmigrasi yang dicanangkan oleh pemerintah sejak lama, anak-anak transmigran yang berhimpun di Perhimpunan
Wednesday, 19 September 2018
Jakarta  – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mendorong revitalisasi Kota Terpadu Mandiri (KTM) Pawonsari di Kabupaten Boalemo, Gorontalo, melalui
Thursday, 23 August 2018
Jakarta - Awalnya tak pernah terpikir oleh Solihin untuk menjadi seorang transmigran yang sukses di Desa Mahalona, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.