DITJEN PKP2TRANS MELAKUKAN KERJA SAMA DENGAN PIHAK KLMB GEOGRAFI UNIVERSTAS GADJAH MADA YOGYAKARTA UNTUK KEGIATAN BIMTEK TERPADU BIDANG P3KTrans

Rabu, 06 November 2019

Yogyakarta – Kegiatan Bimbingan Teknis Terpadu Bidang Perencanan Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (P3KTrans) dilaksanakan dalam rangka memberikan wawasan dan pengetahuan tentang Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi dengan model Transpolitan kepada stakeholder terkait. Direktorat Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi (Ditjen PKP2Trans) melalui Direktorat Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (Dit. P3KTrans) bekerjasama dengan Klinik Lingkungan dan Mitigasi Bencana (KLMB) Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada melaksanakan kegiatan bimbingan teknis dimaksud pada tanggal 18-22 September 2019 bertempat di Yogyakarta.

Acara  dibuka oleh Ibu Sri Rahayu Budiani (Panitia dari UGM) kemudian dilanjutkan pemberian arahan oleh Bapak Ir. Danton Ginting Munthe, MM (Plh. Dit. P3KTrans), Bapak Prof. Suratman Worosuprodjo, M.Sc (Ketua KLMB) dan Bapak Dr. Ir. Chamidun Daim, MBA (Ses Ditjen PKP2Trans).

Dalam arahannya, Ir. Danton Ginthing Munthe, MM menyampaikan bahwa percepatan pembangunan transmigrasi tidak bisa dilakukan oleh satu pihak. Melalui kebijakan pembangunan kawasan transmigrasi :Transpolitan 4.0 yang menerapkan konsep pembangunan pentahelix diharapkan percepatan yang dimaksud dapat terwujud.

Bimtek Terpadu ini dinarasumberi oleh para Dosen pengajar di Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada dengan materi berupa model pembangunan kawasan Transmigrasi menuju Transpolitan 4.0. Bimbingan Teknis ini diikuti oleh ASN di lingkungan Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi khususnya yang berkecimpung di Bidang Transmigrasi. Bimbingan teknis dilaksanakan melalui metode kelas dengan pemberian materi, tanya jawab dan pemberian tugas serta diskusi. Pemberian tugas dan diskusi antar peserta diharapkan dapat lebih memberikan pemahaman kepada materi yang diberikan oleh para Narasumber.

Di akhir acara diadakan pemberian Reward kepada para peserta yang aktif dalam kegiatan Bimtek Terpadu ini, sebagai bentuk apresiasi dari penyelenggara acara terhadap peserta bimtek yang aktif dalam kegiatan ini.

Setelah kegiatan Bimtek Terpadu ini, di harapkan para ASN yang mengikuti kegiatan ini memiliki pengetahuan dan pemahaman lebih terhadap model pembangunan Transpolitan 4.0 sebagai bahan perencanaan pembangunan bidang transmigrasi ke depannya.

BERITA TERBARU

Tuesday, 04 August 2020
Kurangnya pelibatan masyarakat di wilayah perencanaan merupakan salah satu masalah yang dihadapi dalam suatu perencanaan Kawasan Transmigrasi. Sementara itu, kurang optimalnya peran jabatan
Sunday, 14 June 2020
Kementerian Desa PDTT melalui Direktorat Jenderal Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Permukiman Transmigrasi (PKP2Trans), Khususnya Direktorat Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (P3KT) menerbitkan
Monday, 10 February 2020
Jakarta - Aplikasi SIPUKAT (Sistem Informasi Peta Terpadu Kawasan Transmigrasi) yang diluncurkan tanggal 11 Oktober 2019 lalu secara resmi telah tercatat Hak Ciptanya